Kamis, 19 Juni 2014



GEMBRIT FOURY
Kekejaman Politik
            Dari cerpen yang berjudul “Gembrit Foury” menceritakan tentang kekejaman politik yang berada di luar negeri tepatnya di daerah Havana, di tempat itu mahasiswa dan warga menjadi bringas karena keadaan politik yang tidak kondusif dan pertumpahan pun terjadi dimana-mana.
            Gembrit foury adalah nama anak dari seorang imigran yang berasal dari Mobile, Alaban. Dia memiliki ibu yang berkulit hitam sedangkan ayahnya memiliki kulit putih. Tapi suatu ketika gerakan kelompok Ku Klux Klan yng anti kulit hitam itu menggila dan menjadi bringas, mereka menganiyaya ibu Gembrit yang berkulit hitam tersebut. Gembrit menemukan ibunya terluka parah, bahkan hamper tewas di belakang Rumanhya sendiri.
            Tak berselang lama kemudian keluarga Gembrit pindah dari tempat asalnya yang telah mencelakakan ibunya tersebut ke Havana, Kuba. Disana Gembrit menemukan kehidupan barunya. Dia bersekolah di Akademi Dansa. Dan di situlah awal mula pertemuan Gmbrit dengan Shoim Anwar. Malam itu ketika mereka usai pulang dari bar Floridita. Mereka pergi ke apartemen Gembrit yang berada di lantai enam di Ambos Mundos. Tak berselang beberapa lama kemudian terdengar suara te3mbakan yang bersal dari lantai bawah  apartemen Gembrit. Mereka pun terkejut dan langsung berlari untuk melihat melalui kaca jendela.
            Dan menurut Gembrit kaum oposisi pelaku dari pembunuhan itu, anak buah dari Fidel Castro. Hal ini terjadi karena ketidakpuasan rakyat terhadap system politik dan kepemimpinan Fulgencio Batista maupun Gerardo Machado.
            Kejadian itupun berlalu dan meninggalkan bekas penembakan atas seorang pejabat kementrian dalam negeri. Shoim Anwar dan Gembrit pun semakin sering bertemu dan hubunganm mereka semakin berjalan sangat mesra. Suatu ketika Shoim anwar penasaran dengan kegiatan Gembrit yang dilakukan setiap malam, namun pada saat itu Shoim Anwar selalu bertemu Gembrit pada malam hari di bar Florida dan sianya di tempat pemancingan ikan Slopy Joe’s di Key West. Pada waktu itu Shoim Anwar bertemu Gembrit di kawasan Key West sedang membawa bungkusan agak besar, Shoim pun penasaran dan bertanya pada Gembrit, apa isi daeri bungkusan besar itu. Gembrit tak mau mewnjawab dan pergi meninggalkan Shoim anwar di tempat itu. Gembrit pergi menuju ke halaman kantor pemerintahan yang bertingkat tiga. Tak berselang beberapa lama kemudian gedung yang di masuki oleh Gembrit itu menjadi porak-poranda karena hentaman Bom yang bergetar hebat, mobil dan gedung terdapati rusak parah.
            Gembrit dan Shoim Anwar memang sudah kenal dekat bahkan dari keakraban mereka berdua, kunci kamar apartemen yang di,iliki Gembrit di berikan kepada Shoim Anwar, pada malam itu Gewmbrit berpamitan untuk pergi mengunjungi orangtuanya di Finca Vigia.
            Setelah tiga hari kepergian gembrit sussana di Kuba menjadi semakin memanas, tumpah darahpu terjadi dimana-mana. Shoim anwar tak mendapat kabar dari Gembrit dan mempunyai inisiatif mencari Gembrit dimana biasanya dia keluar yaitu di bar Floridita, ternyata tanpa disengaja mereka bertemu lagi, namun pertemuan ini berbeda. Gembrit dengan seoarnag laki-laki dan Shoim  pun menghamopiri untuk menyapa Gembrit, Gembritpun memperkenalkan sosok laki-laki tersebut kepada Shoim. Tak berselang lama kemudian Gembrit menjadi diam dan tak menghiraukan keberadaan Shoim, Shopimpun bergegas untuk meninggalkan Gembrit berdua dengan laki-laki itu.
Setelah pertemuan itu berselang seminggu Kami tak bertemu, dan Shoim pun ingin bertemu dengfan Gembrit, Shoim pergi ke apartemen Gembrit, dia bingung dengan pintu apartemen Gembrit yang masih terkinci rapat, namun disisi lain  Shoim memiliki kunci yang diberi Gembrit pada saat Gembrit pergi untuk mengunjungi orang tuanya. Tak lama kemudian setelah dia ragu-ragu untuk mmembuka pintu partemen Gembrit atau tidak, akhirnya dia pun membuka pintu partemen Gembrit. Betatapa terkejutnya Shoim melihat sosok mayat yang berada di kamar apartemen Gembrit. Ternyata itu Gembrit yang tewas bersimbah darah.
            Tokoh gembrit ditemukan tewas dikamar apartemen yang dihuninya sendiri, tak tau apa penyebab kematiannya, hanya Shoim Anwar yang menjadi saksi bisu atas kematian Gembrit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar