ABSTRAK
Nurdiana, Siti. 2014.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Siswa
Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Model
Pembelajaran OME AKE. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Drs. Rahayu Pujiastuti, M.Pd.
Kata Kunci:
Menulis, Resensi, dan Model Pembelajaran OME AKE.
Di SMA Negeri 1 Kedamean ditemukan
kesulitan belajar, terutama masalah
yang berkaitan dengan kemampuan siswa menulis resensi, yaitu (1) siswa belum mampu memahami prinsip-prinsip pembuatan
resensi; (2) siswa belum mampu menulis resensi berdasarkan prinsip-prinsip
resensi. Oleh karena itu dicoba digunakan alternatif yaitu diselesaikan dengan
menggunakan model pembelajaran OME AKE. Rumusan masalah yang dapat diajukan
dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran OME AKE dapat meningkatkan
kemampuan menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Kedamean Gresik tahun
pelajaran 2013/2014?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan
menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Kedamean Gresik Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran OME AKE.
Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Subjek dan latar adalah
siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean yang berjumlah 31 siswa dan terdiri
atas 10 siswa laki-laki dan 21 siswaperempuan. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru yang mengajarkan
bahasa Indonesia di kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean dan dilakukan pada semester
gasal tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dengan siklus. Siklus terdiri atas empat kegiatan yang mencakup (1)
perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3)
observasi; (4) refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan persentase.
Berdasarkan
analisis data dapat disimpulkan bhwa model pembelajran OME AKE dapat
meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1
Kedamean Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat pada tiga bukti
yaitu (1) aktivitas guru pada siklus I 92,30%,
pada siklus II meningkat 100%; (2) aktivitas siswa pada siklus I 52,68%,
pada siklus II meningkat 84,94%; (3) tes kemampuan menulis resensi
pada prasiklus 67,7%, siklus I pencapaian KKM 80,64%,
pada siklus II pencapaian KKM meningkat
90,32%. Sehingga tampak adanya suatu
kenaikan yang signifikan dan observasi dinyatakan berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar