Jumat, 20 Juni 2014

Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Model Pembelajaran OME AKE.



ABSTRAK
Nurdiana, Siti. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Model Pembelajaran OME AKE. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Drs. Rahayu Pujiastuti, M.Pd.

Kata Kunci: Menulis, Resensi, dan Model Pembelajaran OME AKE.
Di SMA Negeri 1 Kedamean ditemukan kesulitan belajar, terutama masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa menulis resensi, yaitu (1) siswa belum mampu memahami prinsip-prinsip pembuatan resensi; (2) siswa belum mampu menulis resensi berdasarkan prinsip-prinsip resensi. Oleh karena itu dicoba digunakan alternatif yaitu diselesaikan dengan menggunakan model pembelajaran OME AKE. Rumusan masalah yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran OME AKE dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Kedamean Gresik tahun pelajaran 2013/2014?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Kedamean Gresik Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran OME AKE.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Subjek dan latar adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean yang berjumlah 31 siswa dan terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 21 siswaperempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru yang mengajarkan bahasa Indonesia di kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean dan dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan siklus. Siklus terdiri atas empat kegiatan yang mencakup (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan;                   (3) observasi; (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan persentase.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bhwa model pembelajran OME AKE dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Kedamean Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat pada tiga bukti yaitu (1) aktivitas guru pada siklus I 92,30%, pada siklus II meningkat 100%; (2) aktivitas siswa pada  siklus I 52,68%, pada siklus II meningkat 84,94%; (3) tes kemampuan menulis resensi pada prasiklus 67,7%, siklus I pencapaian KKM 80,64%, pada siklus II pencapaian  KKM meningkat 90,32%.  Sehingga tampak adanya suatu kenaikan yang signifikan dan observasi dinyatakan berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar